Ahad, Jun 26, 2016

Surat menjadi buku

Saya ingin memulai dengan memberi sedikit komentar tentang apa yang saudara menyatakan dalam akhir surat saudara di mana saudara mengatakan: "Saya dan teman-teman dulu banyak sekali membuat kesalahan tapi kesalahan kami itu mudah diperbaiki, antara lain dengan tokoh seperti Pak Roem ini".

Mengakui kesalahan menurut ajaran Islam adalah tindakan yang terpuji. Dalam pada itu saya rasa saudara hanya dapat menyatakan kesalahan sendiri, atau jika saudara juga mendapat izin untuk me...nyatakan kesalahan dari teman-teman saudara. Dan kalau sudah dikatakan 'dulu banyak sekali membuat kesalahan', maka kurang indah, jika saudara sendiri yang mengatakan dan memberi penilaian: 'Tapi kesalahan-kesalahan kami itu mudah diperbaiki.' Saya yakin, mereka yang telah merasakan kesalahan saudara, akan memaafkan betapapun besar kesalahan itu. Dan lagi saya merasa amat berat, diikut sertakan dalam memperbaiki 'banyak kesalahan-kesalahan' itu. Saya tidak tahu kesalahannya.

Surat-surat Politik Nurcholish Madjid-Mohamad Roem, 2000 (hal. 95)

Tiada ulasan:

0002 Catatan India-Kashmir | Menghitung Hari

Januari tahun lalu, sudah masuk fasa berdebar-debar memandangkan tarikh untuk ke India-Kashmir semakin hampir. Mengatur kerja, menyusun buk...